Apapun ada di sini ! kalau nggak ada ? tinggal request

Selasa, 24 Juni 2014

HM AWL SE : From Newbie To Master ? Mudah Saja !

Pembukaan

Harvest Moon A Wonderful Life adalah Harvest Moon yang memiliki beragam karakter, cut scene, bibit, resep masakan dan hadiah dari warga, bahkan jumlah jenis bibitnya ± 100 jenis, hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Harvest Moon ini, awal kamu bermain, mungkin kamu akan merasa bosan karena waktu dan pergerakan karakter nya yang slow, namun, jika kamu terus menerus bermain dan memahami game ini, maka rasa kertertarikan akan muncul, kamu mungkin akan merasa tertantang untuk dapat sukses menamatkan game ini.

Selain asik di mainkan, banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan dengan bermain Game ini, dikarenakan Gamenya tidak mengandung unsur-unsur horor atau kekerasan, ini adalah game yang cocok bagi para Gamers yang hidupnya berantakan.

Kamu akan diajarkan disiplin, menghargai waktu, dan bersosialisi dalam game, dan pada akhirnya, berdampak pada kehidupan asli kamu juga, so, why don’t you try ?

Daftar Isi
Pengenalan Karakter
Mengenalkan karakter-karakter yang terlibat dalam Game ini, mulai dari sifat-sifat, kebiasaan dan item favorit mereka
Gift & Cut Scen
Menjelaskan tentang hadiah-hadiah yang akan di berikan karakter lain kepada karakter utama, juga kejadian-kejadian yang melibatkan karakter utama dan karakter lain.
Trick & Tips
Kali ini admin yang keceh ini akan membagikan trik-trik yang mungkin belum diketahui sebagian orang, juga tips agar cepat sukses memainkan game ini, skalian dari newbie – bisa jadi – master.
Lama Pembangunan Bangunan Baru
Di game ini kamu akan dapat membangun bangunan-bangunan baru namun kamu akan menunggu, karena itu, ketahuilah hal ini agar tidak terlalu bosan dan lama menunggu.
Child
Membahas perilaku, ketertarikan, dan kemampuan masing-masing anak (dari masing-masing kandidat istri) mulai dari perkembangan balita, anak-anak, remaja sampai dewasa.
Up Your Child Skill

Memberitahukan bagaimana caranya agar dapat mengembangkan kemampuan anak dari berbagai bidang : Perternakan, Pertanian, Seniman, Atlit, Pemusik sampai Sarjana.
Mini Games

Menjelaskan waktu, tempat dan lawan games yang dapat kamu mainkan.
Plants & Hybrid

Menjelaskan tanaman generasi 1, 2, 3, bahan pembuatnya dan waktu menanam.
Festival

Menjelaskan waktu dan tempat sebuah festival berlangsung.
Hasil Hutan

Menjelaskan letak masing-masing hasil hutan di masing-masing musim, beserta harganya.
Memancing

Menjelaskan jenis-jenis ikan, harga, dan letak di mana kamu bisa mendapatkannya.
Recipes

Resep-resep makanan lengkap dengan harga-harganya.
What You Have To Do

Memandu para Newbie dari awal permainan agar menjadi Master.

Pengenalan Karakter

Kamu

Ini adalah karakter utamanya, kamu bisa memberikannya nama, dan dia akan bertindak sesuai perintahmu. Dia adalah pemilik pertanian, pindah ke Forget-me-not Valley untuk memulai hidup baru. Dia adalah anak dari sahabatnya Takakura yang telah lama meninggal. Kamu dapat menikah di awal chapter ke dua dan akan memperoleh seorang anak. Di awal chapter ke tujuh, kamu akan meninggal dunia dan anak mu akan mewarisi pertanian mu.



Celia

 
Gadis imut dan pemalu ini merupakan salah satu dari gadis yang bisa kamu nikahi. Celia merupakan gadis pencinta alam dan sangat pandai dalam mengerjakan pekerjaan rumah, selain pekerjaan rumah ia juga ahli dalam berkebun, bahkan mungkin lebih ahli dari karakter utama. Celia adalah gadis yang ramah pada semua orang dan murah senyum.

Item favorit : bunga, buah-buahan.



Nami

Ia adalah salah satu dari 4 calon istri mu, ia tinggal di penginapan, ia adalah gadis yang berjiwa petualang dan bersifat tomboy dan acuh tak acuh, jika kamu tak menikahinya maka di awal chapter ke dua ia akan kembali ke kota.

Item favorit : Semua bunga yang tumbuh di bulan Fall, patung oorang, fosil, tengkorak.



Lumina 
 
Lumina adalah cucu Romana juga seorang gadis pemalu yang mencoba menguasai piano. Menurut Samantha, Lumina adalah gadis ideal dan berharap Kate dapat tumbuh seperti dia. Dia juga merupakan 1 dari 4 gadis yang bisa kamu nikahi. Awalnya ia terlihat seperti anak-anak, namun lambat laun ia akan menjadi gadis dewasa.
Item favorit: Bunga, permata, koin.



Muffy 
 
Salah satu dari 4 calon istri mu, bekerja di blue bar bersama Griffin dan bersifat centil, bersemangat, ramah dan terbuka pada semua orang. Jika kamu tidak menikahinya maka pada chapter ke dua dan seterusnya ia akan terus berkeluh karena tak mendapatkan pasangan yang serius dengannya.
Item favorit : Bunga, permata, stroberi, susu.



Dachan

 

Beruang lucu ini tidak di ketahi keseluruhan perannya,  namun ia sering dijadikan teman curhat anakmu, kamu dapat membelinya dari Van seharga 1200 G di chapter 3.



Takakura

 
Takakura merupakan sahabat seperjuangan ayah mu, di awal permainan dialah yang menawarai mu untuk melanjutkan perternakan ayah mu, selanjutnya dalam permainan ia bertugas untuk menjual - beli hewan ternak, gedung dan peralatan baru dari kota jka kau memesan.

Item Favorit : Masakan, susu.



Tartan

 

Tanaman yang dibawa oleh Takakura. Tartan dapat membuat bibit tanaman menjadi subur kalau kamu berteman dengannya. Cukup beri dua sayuran pada Tartan dan lihat apakah dia akan memberikanmu sesuatu. Bagaimanapun, Tartan tidak suka wortel. Kalau kamu mau memberi makan wortel pada Tartan, kamu harus memastikan bahwa itu adalah bibit wortel, kalau tidak, Tartan tidak akan menerimanya. Tartan dapat berbicara dengan binatang dan mengira kalau dia dan Ruby adalah satu spesies.



Carter

 

Merupakan pemimpin dari situs pengalian, ia tinggal di dekat air terjun bersama Flora.

Item favorit : Ikan, masakan rumah.



Flora

 

Asisten Carter. Gadis ini termasuk tipe orang yang tidak tegas dan agak suram. Walaupun begitu dia cukup ramah dan sopan. Flora sering berada di area pertambangan, tapi suka juga pergi dan jalan-jalan ke dekat sungai.

Item favorit: Semua ikan, mentega, keju, susu.



Vesta

 

Pemilik perkebunan tempat Celia bekerja, jadi Vesta merupakan bos Celia meski ia sudah menganggap Celia sebagai anaknya. Vesta menjalankan pertanian dengan adiknya, Marlin. Vesta sangat baik hati dan bersedia membantu orang lain sebisa mungkin, tapi kadang-kadang dia bisa menyebalkan dan agak pemaksa (terutama pada Marlin). Jika kamu seorang newbie sejati, maka berteman dengan Vesta adalah hal yang sangat bermanfaat, karena ia sering memberi mu tips tentang berkebun.

Item favorit : Susu, bunga, kristal, bumbu kari.



Marlin

 

Adik Vesta, bekerja di pertanian miliknya. Marlin tidak begitu ramah. Kalau kamu mendekati Celia Marlin akan langsung marah karena ia bersikap over protective pada Celia. Semakin dekat kamu dengan Celia, maka Marlin akan semakin membencimu.

Item favorit: Sayuran kualitas S, Minuman penambah stamina, masakan.



Gustafa

 

Dia adalah pemusik yang berkelana keliling dunia dengan kecapinya. Banyak binatang juga suka musiknya. Kamu bisa menemukannya memainkan alat musiknya, namun saat itu sebaiknya kamu jangan memberikan item padanya karena ia akan merasa tergangu. Gustafa berteman baik dengan Nami.

Item favorit : Bunga, benda dari situs penggalian.

 

Tim

 

Pemilik penginapan (Inner-Inn) ini menjalankan usahanya dengan Ruby, istrinya. Mereka punya seorang putra bernama Rock. Tim sangat suka berbicara, dan pasti mengoceh tentang perjalanannya ke seluruh dunia dan tentang Ruby, yang setahu Tim adalah koki terbaik. 

Item favorit : Masakan, sayur-sayuran, buah-buahan, ikan.



Ruby

 

Ruby bekerja di penginapan, usaha yang dijalankan bersama suaminya, Tim. Rock adalah anak mereka. Masakan Ruby yang enak selalu dipuji-puji Tim. Menurut Nami, salah satu yang membuatnya tetap berada di Forget-me-not Valley adalah karena masakan Ruby yang tidak bisa didapat di mana pun. Ruby baik hati dan sopan pada semua orang, walaupun dia mempunyai sedikit masalah dengan Murrey.

Item favorit : Bunga, susu, kristal, mentega, keju.



Rock

 

Ia adalah anak dari Tim dan Ruby, jika kamu bicara dengannya saat berada di dapur, maka kamu bisa menjadikannya lawan tanding mu dalam lomba minum susu.

Item favorit : Toy Flower, Mist Moon, kristal, masakan rumah.



 Galen

 

Pria yang sudah tinggal di Forget-me-not Valley sejak dahulu ini akan dengan senang hati membantu para pendatang baru. Dia tinggal dengan istrinya, Nina, sayangnya hanya sampai awal chapter 2 saja. Karena saat itu Nina akan meninggal, kemudian Galen akan pindah di sebuah gubuk kecil di dekat downstream. Jika kamu mengunjunginya setelah Nina meninggal (chapter 2) pada jam 07.00 - 07.49 am (jam ini tak berlaku pada tanggal 3 dan 8) maka ia akan menanyakan kesediaanmu menggosok batu nisan Nina.

Item favorit : Marinade, Ikan



Nina

 

Merupakan Istri dari Galen yang akan meninggal saat awal chapter 2, saat hidupnya ia merupakan sosok yang sangat ramah pada semua orang.

Item Favorit : Bunga



Dr. Hardy

 

Salah satu karakter yang kelihatan kasar dan keras, namun sebernarnya ramah dan peduli akan kesehatan semua orang, pada chapter 1 ia hanya akan terlihat saat tanggal 3 dan 8, namun pada chapter 2 setelah sepeninggalan Nina, ia akan pindah ke Forget-me-not valley dan tinggal di bekas rumah Galen dan Nina.

Item Favorit : Masakan rumah, Ikan.



Grant

 

Grant tinggal bersama istrinya Samantha dan anaknya, Kate, namun keluarganya hanya akan ada saat chapter 2, jika kamu bicara dengannya saat berada di Inner-Inn maka kamu bisa mengajaknya lomba minum susu. Grant bekerja di Mineral Town, jadi kamu tidak akan sering melihatnya. Dia agak takut pada istrinya, Samantha, dan berusaha pergi sejauh mungkin dari rumah. Grant selalu kelihatan khawatir.

Item favorit : Telur, susu.



Samantha

 

Istri Grant sekaligus ibu Kate. Sikapnya sangat tegas kepada Kate, karena dia tidak mau anaknya tumbuh menjadi gadis tomboy.

Item favorit : Susu, bunga.



Kate

 

Anak dari Grant dan Samantha. Ibunya menganggap dia anak yang tomboy, sehingga ia sering keluar rumah. Kate bosan dengan lingkungannya, dan menganggap tidak ada yang bisa dikerjakan walaupun dia mengakui bahwa bermain dengan Hugh itu menyenangkan. Kate sangat dekat dengan Lumina dan mengangap Lumina adalah kakaknya.

Item favorit : Permata, bunga.



Wally

 

Ia adalah mantan atlit lari dan sekarang bekerja di Mineral Town. Hobinya berolahraga. Dia memiliki peralatan olahraga di rumahnya. Istrinya bernama Chris dan anaknya, Hugh.

Item Favorit : Susu, Telur, Keju.



Chris 

 

Istri Wally dan ibu dari Hugh. Chris bekerja di kota dan tidak suka jalan-jalan. Dia ramah tapi dia tidak suka kalau kamu berada di rumahnya. Dia akrab sekali dengan Samantha.

Item favorit: Semua bunga, susu.



Hugh

 

Anak dari Wally dan Chris ini sangat suka berlari dan akan selalu ingin mengajak mu bermain tebak kata meski ia tidak pandai dalam hal itu. Jangan memberinya item saat ia sedang berlari, karena itu hanya akan mengangunya.

Item favorit : Susu, koin.



Griffin

 

Pemilik Blue Bar yang menyukai musik ini cukup ramah dan giat dalam bekerja. Ia mengangkat Muffy sebagai anak nya. Kamu tidak dapat memberinya Item saat ia sedang bekerja.

Item favorit : Bunga, permata.



Darly

 

Ilmuwan yang gila-gilaan ini bagaikan burung hantu, bangun pada jam satu siang dan baru akan tidur jam enam pagi, ia akan terlihat beberapa kali mencoba mengangkap mukumuku dan juga sedang mencoba penemuannya, namun semua itu berakhir gagal. Jangan berikan ia item saat ia sedang berpikir (menaruh tangannya di belkanag, dan mengetuk-ngetuk kakinya).

Item favorit : Ikan, Telur, Susu, Fossil, Patung, Koin.



Kassey

 

Saudara kembar Patrick, ia tinggal di rumah unik berbentuk kembang api, terkadang kamu bisa mengajaknya bermain catur cina. Kassey lebih memilih pakaian warna biru.

Item favorit: Bunga, kristal, salad tomamelo.



Patrick

 

Patrick adalah saudara kembar Kassey. Mereka berdua membuat kembang api. Perbedaanya adalah Patrick suka mengenakan apapun yang berwarna hijau dengan bunga besar di depannya.

Item favorit : Bunga, kristal, koin perak, telur, keju, ikan.



Cody

 

Pekerja seni yang satu ini memiliki karakter yang keras. Jadi, kamu bisa menaklukkan kekerasan hatinya dengan memberikan barang kesukaannya. Cody terkadang mengangap bahwa dirinya adalah orang jepang :v.

Item favorit : Bunga, kristal, fosil.



Romana

 

Pemilik Villa yang dermawan ini merupakan nenek dari Lumina. Romana dan Sebastian adalah salah satu orang yang pertama kali datang ke Forget-me-not Valley. Romana adalah orang terkaya di desa mu.

Item favorit : Bunga, jeruk, susu, rekaman, kristal, koin emas, artefak tanah liat.



Sebastian

 

Dia adalah pembantu Romana, bekerja sejak mereka berdua masih kecil, jadi mereka adalah teman baik. Sebastian sangat suka melukis, sebagai seoarng pelayan tentunya ia juga pandai memasak.

Item favorit : Telur, susu, mentega, keju, artefak tanah liat, kristal.



Murrey

 

Dia tidak memiliki rumah, dan sedang berusaha mendapatkan uang untuk kembali ke rumah nya di “Popo Valley”. Darly sangat membencinya karena dia tidak sengaja menggagalkan rencana Darly untuk menangkap Mumuku. Murrey kadang-kadang mencuri di peternakanmu. Jadi berhati-hatilah.

Item favorit: Semua makanan kecuali makanan dari ikan, makanan ternak, tulang, wol.



Van

 

Pria ini menjual barang-barang unik, dan selalu mencari barang yang tidak biasa untuk dijual. Van adalah salah satu orang yang dapat mengunjungi Mineral Town kalau kamu menghubungkan kedua game. Ia memiliki masalah dengan berat badan.



Mukumuku

 

Mahluk imut, lucu, mengemaskan berbulu putih (ketauan admin nya nge fans ) seperti yeti ini hanya akan hadir saat musim dingin saja, ia merupakan satu-satunya karakter yang bahasanya tak akan dapat kamu mengerti.

Item favorit : Telur, Ikan, Bunga



Gift & Cut Scene



Anak

Cut Scene :

Child Bath : Saat chapter ke 2, masuki dapur saat sore dan anakmu ada di dalam. Istri mu akan meminta mu memandikan anak mu. Untuk mendapatkan event ini, kamu harus bekerja di peternakan kamu dan mengurus tanaman, juga anak mu harus dengan keinginannya sendiri untuk mandi (kamu tidak bisa memaksanya).

Treasure Box : Saat chapter 3, masuki kamar anak mu saat dia ada di dalam. Dia sedang melihat sebuah kotak yang ia temukan di pantai. Jika kamu ingin skill pendidikannya naik, ambil pilihan "what's in the box", lalu pilih "something else could be inside", lalu "your future".
 
Child Watering Crops : Skill Plant nya harus tinggi. Jika kamu bangun lebih lama dari anakmu pada chapter ke 3, maka akan terjadi cut scene, anakmu mengatakan bahwa ia telah menyiram tanaman mu.

Son/Daughter’s love consultation : Pada chapter 5 – 6 summer, anakmu harus ada di kamarnya dan dia tidak boleh sedang tidur, istrimu juga tidak boleh berada di kamarmu atau anakmu. Pilih ‘What is it ?’ selanjutnya ‘I think so’ lalu ‘Don’t worry about that’

 
My Helper : Skill animal dan plant harus full, bangun setelah anak mu bangun atau setelah 7 am 
(Baik di kamar tidur atau ruang utama. Aku tidak tau waktunya. Mungkin itu acak atau tergantung kapan anak mu bangun. Ketika aku terbangun sekitar 07.30 am. Anak ku datang dan mengatakan bahwa dia telah menyiram semua tanaman. Dan ternyata benar-benar telah disiram semua ia juag memberi makan semua binatang.

My Love : Aku mendapat cut scene ini di chapter 5 Summer, 07.35 pm. Saat anak mu pulang. Ketika dia masuk ke  rumah, ikuti dia ke dalam rumah dan bergegas ke dapur. Harus cepat, dia tidak lama adanya, sebenarnya pada saat itu dia di ruang utama, tetapi ketika kamu mencapai dapur (istri mu harus berada di sana). Anakmu ingin mendiskusikan sesuatu yang penting baginya. Anakmu berkata kepada ibunya bahwa dia jatuh cinta dengan seseorang dan perlu saran. Kemudian istri mu menebak orangnya. Kamu akan bertanya ada masalah apa tetapi anak mu tidak ingin memberitahukan kepadamu (pelit :p) dan kemudian ia pergi.

Bath Again : Pada chapter 6 Summer, Kalo gak salah ini adalah anak laki-laki. Kalo perempuan sepertinya mustahil dan maaf, aku juga lupa kapan dan dimana mendapatkannya. Suatu hari, anakmu akan menanyakan apakah kamu akan mandi atau tidak. Jika ya, dia menawarkan untuk mencuci punggungmu. Anak mu akan ingat berapa banyak hal menyenangkan ketika kamu mandi dengan dia ketika balita dan kemudian kamu merasa tertekan karena kamu melihat dia sekarang sudah besar dan kuat daripada yang pernah kamu lihat dulu.

Good Morning : Chapter 6, jika kamu bangun lebih lama dari anakmu, maka ia akan mengucapkan selamat pagi.



Celia

Cut Scene :

Farm Life (1 hati) : Saat Celia berada di depan rumah Vesta, masuk ke rumah Vesta lalu keluar. Celia akan berkata pada mu. Ambil pilihan 'it doesn't bother' lalu pilih 'no'.

Shopping Trip (2-3 hati) : Masuki rumah Vesta sekitar jam 09.00 am lebih sedikit. Saat kamu akan mengetuk pintu, Celia keluar, jika kamu menanyakan apa dia ada waktu, Marlyn akan keluar dan barkata bahwa Celia harus belanja. Jika kamu memilih untuk mengantar Celia, Marlyn akan marah pada mu. Lalu Vesta akan keluar, jika kamu meminta maaf, Celia akan meminta mu mengantarnya setengah jalan.

Silent Spring (2-3 hati) : Keluar dari rumah mu saat siang, Celia akan mengajak mu ke Spring, ikuti dia. Ambil pilihan untuk tidak berisik.

Getting Married (3-4 hati) : Masuki rumah Vesta jam 10.05 am, Celia ada di dalam. Celia akan keluar saat mu akan mengetuk pintu, dia akan mengajak mu ke spring. Dengarkan dia, lalu pilih "don't knock" yang berarti Celia harus berpikir dulu sebelum menolak pernikahan itu.

The Decision (3-4 hati) : Masuki rumah Vesta saat pagi (cut scene ini saat jam 06.30 am). Ambil pilihan “I didn't hear anything, Vesta akan berkata bahwa Celia akan bertemu calon suaminya, lalu Celia akan melihat mu dan berkata dia butuh waktu untuk memutuskan.

Runaway Celia ? (4 hati) : Keluar dari rumah mu saat jam 06.00 am. Vesta berkata pada mu bahwa dia tidak menemukan Celia. Setelah kamu membantu mencarinya, ternyata Celia ada di perternakan mu dan sedang bermain dengan anjing mu. Dia berkata bahwa dia mencintai mu. Jika kamu memilih mencintainya juga, dia akan senang lalu pulang ke rumahnya.



Nami

Cut Scene :

First Encounter (1 hati) : keluar dari rumah saat siang. Nami akan melihat-lihat peternakan mu. Ambil pilihan "do whatever you want".

Bar Chat (2 hati) : Masuk ke bar saat Nami, Muffy dan Griffin ada di dalam sekitar jam 07.10 pm. Ambil pilihan 1 lalu pilihan 2 untuk menceritakan kenapa kamu datang ke desa ini. Saat Nami pulang, dia lupa membayar minumannya, jika kamu membayarnya, Muffy akan berkata bahwa kamu baik hati.

Nami's Gone (3 hati) : Masuk ke rumah mu saat jam 8 am, Tim dan Ruby akan datang dan bertanya apa kamu melihat Nami. Ambil pilihan untuk membantu mencarinya. Setelah kamu menemukannya, Nami akan berkata pada mu bahwa dia baik-baik saja.

Nami's Letter (4 hati) : Masuk ke penginapan saat malam hari (10.00 pm), saat Nami ada di dalam. Tim mendapat telepon dari ayah Nami. Setelah event, Nami akan bertanya apa dia bisa bekerja di peternakan mu, jika kamu menjawab boleh, dia akan berkata lupakan apa yang telah di katakan.

Out of Money (4 hati) : Masuki penginapan saat malam hari di winter, sekitar jam 01.00 – 02.00 am. Tim akan bertanya kenapa kamu datang, jawab untuk bertemu dengan Nami dan Tim akan senang. Lalu Nami akan turun dan pergi keluar, ikuti dia dan kamu akan menemukannya menyendiri di pantai. Nami akan menjelaskan bahwa dia kehabisan uang dan harus meninggalkan desa. Kamu bisa berkata bahwa dia bisa tinggal bersama mu (artinya kamu melamarnya) dan dia akan setuju.

Nami's Back : Jika kamu tidak menikahi Nami, masuki bar saat malam setelah patrick masuk. (saya mendapatkannya sekitar jam 08.00 pm namun jam ini tak berlaku jika tanggal 3 dan 8) Cody dan Patrick akan masuk dan berkata bahwa mereka kesepian setelah Nami pergi. Lalu Carter datang dan berkata bahwa dia melihat Nami. Jika kamu mengambil pilihan untuk mengejarnya, Cody, Gustafa dan Patrick menemukan Nami. Tim yang mendengar keributan keluar dari menginapan, ia akan menawarkan Nami untuk tinggal di penginapan. Setelah itu Nami akan bercakap denganmu, ambil pilihan “Eveyone’ll be happ” untuk membuat Nami senang.

Love Consultation : Jika kamu menikahi Nami, pada chapter 5 bulan summer, fall atau winter, anakmu akan menyukai seseorang di desa dan mendiskusikan hal ini kepadamu, Nami pun datang dan masuk ke dalam diskusi.



Lumina

Cut Scene :

Piano is difficult (1 hati merah) : Masuk ke vila saat Lumina bermain piano. Romana akan memuji permainan Lumina. Saat Romana pergi, Lumina akan mengobrol dengan mu. Ambil pilihan just have more fun untuk membuatnya senang. Jika mu mengambil pilihan just try harder, Rock akan datang dan mengobrol dengan Lumina. Event ini bisa mu dapatkan di musim semi.

Accompaniment : Masuki kamar Lumina saat dia ada di dalam. Tanyakan apa dia ingin memiliki kakak. Dia akan menjawab ya dan akan mengatakan bahwa kamu sudah seperti kakak baginya.

In Love ? : Masuki vila saat Romana, Sebastian dan Lumina ada di dalam. Sebastian akan mengajak mu untuk mencoba resep barunya. Saat kamu menuju dapur, kamu akan mendengar pembicaraan antara Romana dengan Lumina. Lalu Sebastian akan bilang bahwa menguping pembicaraan orang lain itu tidak baik. Lalu Sebastian akan memberitahu mu bahwa Lumina semakin cantik dan dia mengira Lumina sedang jatuh cinta. Lalu dia akan memberi mu masakannya, ambil pilihan kamu menyukai masakannya untuk membuatnya senang.

Timid Confession : Keluar dari vila dan Lumina akan meminta mu menemaninya ke pantai (ambil pilihan yes). Di pantai, dia akan menanyakan siapa cinta pertama mu, ambil jawaban yang menanyakan tentang cinta pertama Lumina. Sebastian akan datang menjemput Lumina pulang.

Proposal : Berikan Blue Feather pada Lumina saat dia memiliki 4 hati. Dia akan bertanya apa itu untuknya, jawab ya. Kamu akan berada di kamar Romana, saat Romana bertanya apa kamu bisa membahagiakan Lumina, jawab saja ya.



Muffy

Cut Scene

First Encounter (1 hati) : Keluar dari rumah saat sore. Kamu akan melihat anjing mu mencoba menyerang Muffy. Ambil pilihan "are you hurt" dan dia akan pulang ke rumahnya.

Whom You Want to Meet ? : Masuki ruangannya saat dia ada di dalam. Dia akan bertanya apa mu ingin bertemu dengannya atau dengan Griffin, setelah itu bicara lagi dengannya, lalu ambil pilihan pertama.

Friend's Wedding (3 hati) : Keluar dari rumah mu menuju sungai. Muffy akan meminta mu untuk mendengarkannya. Ambil pilihan "you belong here" untuk membuatnya senang.

One Night (4 hati) : Tidurlah antara jam 6-8 pm. Muffy akan mengetuk pintu rumah mu dan ingin menginap di rumah mu karena dia merasa ada yang mengikutinya dari belakang. Jika kamu mengizinkannya, Griffin akan datang dan membawa Muffy pulang dan Muffy akan berterima kasih pada mu.

Dating (4 hati) : Masuki Blue Bar saat siang.. Muffy akan berkata bahwa dia sedang bosan. Jika kamu mengajaknya kencan, dia akan setuju dan setelah pulang, dia akan berkata bahwa dia bersenang-senang hari itu.

I'm Really on to You (4 hati) : Event ini akan kamu dapatkan jika mu memilih untuk menikahi wanita lain. Saat mu masuk ke dalam rumah, Muffy akan datang dan dia akan berkata bahwa dia kecewa pada mu, lalu dia pulang sambil menangis.

The Bridge 1 : Setelah menikah dengan wanita lain, pergilah ke sungai. Dia akan berkata bahwa dia patah hati dan dia mencintai pria yang sudah menikah.

The Bridge 2 : Keluar dari rumah dan pergilah ke sungai. Dengarkan Muffy.

Not Young Anymore (Chapter ke 5) : Jika tidak menikahi Muffy. Pergi ke Bar. kamu akan melihat event Muffy dan Griffin.



Takakura

 Gift :

Kuda : berkerja keraslah pada bulan pertama kamu memainkan Harvest Moon ini, pada bulan selanjutnya Takakura akan memberi mu kuda yang ia bawa dari kota (chapter 1).

Tartan : Berteman dengan takakura lalu masuk kerumahnya saat ia ada di dalam (kalau aku sih dapet nya jam 09.30 pm chapter 2)



Carter

Cut Scene :

Carter’s Beloved : Di chapter 5 – 6 datang ke dig site sebelum carter masuk ke penggalian (08.00 AM)

Gift :

Chihuahua : Temukan tablet A – E, lalu pada chapter 6, Carter akan memberimu Chihuahua

Summer memories : Berteman dengan Carter. Pada tanggal 3 dan 8 pergi ke pantai pada jam 02.00 pm atau 03.00 pm dan bicara langsung ke dia (chapter 1-6)



Flora

Gift :

Necklace : Berteman dengan Flora, pada chapter 3 - 7 masuki tenda saat terdapat Flora sendiri sekitar 05.30 pm, bercakap lah dengannya, maka ia akan memberi mu kalung (chapter 3-6).



Vesta

Gift :

Weird Hoe : Berteman dengan Vesta. pergi ke ruang penyimpanan, di pingir rumah Vesta, ketika marlin tidak ada sekitar pukul 10:50am atau 02.30pm (harus mempunyai lapangan besar/lahan ke 3 dan juga memerlukan Strange Hoe dari tim. Chapter 2-6).



Marlin

Gift :

Butterfly : Berteman dengan Marlin. Saat tanggal 3/8 pergi ke dekat air terjun dekat tenda Carter pada jam 09.00 am dan bicara ke Marlin (chapter 1- 6).



Peri Harvest

Cut Scene :

 
Reviving The Goddess : Pergilah menuju Spring saat malam (sekitar 07.00 – 00.00 pm), mereka akan memberitahu mu Goddess terperangkap di Spring, dan mereka harus mengumpulkan nices untuk membebaskannya.

Nices ? part 1 : Keluar dari rumah mu saat malam (musim semi). Mereka akan bertanya apakah sapi-sapi mu termasuk nices.

Nices ? part 2 : Pergi ke vila setelah Nices part 1 (musim panas). Mereka akan mencari nices disana, tapi mereka tidak menemukannya.

Nices ? part 3 : Saat musim gugur (setelah nices part 2), pergilah ke tengah desa jam 08.30 am, saat dalam perjalanan keluar dari perkebunanmu, mereka masih belum menemukan nices di sana.

Nices ? part 4 : Setelah nices part 3 (musim dingin), pergilah ke tengah desa. Kamu akan melihat Gustafa meninggalkan rumahnya dan bermain gitar. Para harvest sprites setuju bahwa suara Gustafa termasuk nices.

Gift :

Blue Feather : Jika kamu bangun pada larut malam, para peri harvest akan memanggilmu, Nik dan Nak berebut bulu biru, akhirnya Flak melerai mereka dan mengatakan bahwa bulu biru akan lebih bermanfaat jika di berikan kepadamu.



Gustafa

Gift

Tumtum (Drum kecil) : Berteman baiklah dengan Gustafa. Lalu, pada chapter 3, datanglah ke rumahnya pada pukul 09.00 am atau lebih lalu ajaklah ia bicara maka ia akan memberimu Tumtum (chapter 3-6).

 

Tim

 Gift :

Strange Hoe :  Berteman dengan Tim, pada pada pagi hari kira-kira pukul 07.00 am, kamu datang kerumah Tim lalu masuk kekamarnya, lalu dia akan memberikan cangkul aneh kepada kamu, namun syarat nya kamu sudah harus memiliki Great Field (lahan ke 3. Chapter 2-6).



Ruby

Gift :

Ruby's Spice : Bertemanlah dengan Ruby, masuk ke dapur di penginapan saat dia ada disana. Ruby akan bertanya apa kamu suka memasak, jawab ya dan dia akan memberikan item pada mu (chapter 1-6).



Rock

Gift

Flowerbud fall : Berteman dengan Rock. masuk ke kamarnya jam 00.00 pm (12 siang. Sebelum bicara ke dia, kasih barang terlebih dahulu) dari chapter 1 sampai seterusnya.



Galen

Cut Scene :

Reminiscing : Saat chapter ke 3, berjalanlah munuju rumah Vesta. Galen akan bercerita bagaimana dia bertemu dengan Nina.

Gift :

Fishing Rod : ada 3 cara tercepat mendapatkan hadiah ini saat chapter 2 atau seterusnya.

1.      Berteman dengan Galen saat masih di chapter 1, lalu pada chapter 2, bicara lah dengan nya saat ia berada di rumahnya, jika ia menanyakan apakah kamu suka memancing, jawab iya.

2.      Jika kamu sudah terlanjur berada di chapter 2 dan belum berteman dengan Galen, maka satu-satu nya hal yang dapat kamu lakukan ialah pergi ke makam Nina saat Galen hadir (jam 07.00 – 07.49, namun jam ini tidak berlaku pada tanggal 3 & 8) bicara dengannya, dan gosoklah batu nisan Nina, lakukan setap hari, sebulan kemudian, Galen akan memberi mu hadiah jika kamu menemui nya di dalam rumah.

3.      Jika sudah berada lebih dari chapter 2, maka kamu tinggal berteman dengan Galen, dan lakukan seperti cara 1



Nina

Gift

Marinade : Pada chapter pertama berilah bunga pada Nina saat berada di dalam rumahnya, setelah itu bercakaplah dengannya, jika ia menanyakan apakah kamu sudah mengetahui resep membuat Marinade, jawab belum dan ia akan memberitahu resepnya padamu.



Dr. Hardy

Cut Scene :

A Noble Deed : Saat chapter ke 3, saat musim dingin, pergilah menuju spring. Kamu akan mendapatkan event ini saat berjalan kesana. Dr. Hardy ingin memberikan obat pada Mukumuku, tapi Mukumuku ketakutan melihat bekas luka di wajah Hardy. Lalu dia akan menceritakan kisahnya pada mu.

Gift :

Weird Sickle : Bertemanlah dengan Dr. Hardy. Pergilah ke rumahnya pada tanggal 3/8  pukul 01.30 pm atau 05.00 pm dan cut scene akan terjadi (namun harus punya 30 rumput di padang rumput dan telah memiliki Strange Sickle dari Cody).



Grant

 Gift :

Alarm clock : Saat hari pertama chapter 2 kamu akan bangun jam 05.00, detik itu juga pergilah kerumah Grant, ia akan memberi mu jam alarm, untuk mendapatkan jam ini, kamu tidak perlu berteman dengannya.



Samantha

Cut Scene :

Eat Your Carrots : Masuki rumah Samantha saat dia dan Kate ada di dalam rumah (sekitar jam 07.20 pm). Samantha akan menyuruh Kate untuk memakan wortelnya.



Kate

Gift :

Winter HM : Berteman dengan Kate. Masuk ke lantai atas rumahnya pada jam 6 pagi dan bicara langsung ke dia.



Wally

Gift

Wool Clippers : Bertemanlah dengan Wally dengan cara memberinya susu dan telur. Lalu di pagi hari, sekitar pukul 08.30 am atau jika tanggal merah pukul 09.46 am, masuki rumahnya. Dan kamu akan diberinya Wool Clippers.

Gold Medal : Setelah mendapat Wool Clippers. Datangilah rumahnya ketika ia sedang bersama Chris. Bicaralah padanya dan akan diberi Gold Medal olehnya.



Chris 

Cut Scene : 
 
Women's Meeting : Saat chapter 2, masuki rumah Dr Hardy saat jam 06.00 pm (namun bukan saat tanggal 3 atau 8), lalu keluar lagi. Kamu akan melihat Chris sedang mengobrol dengan Samantha.

Gift :

The bride : Berteman dengan Chris. Dan bicara ke dia saat sedang di luar rumah (didepan sumur) atau di dalam rumah.



Hugh

Gift

HM AWL SE : Berteman dengan Hugh. Masuk ke kamarnya pada jam 06.00 atau 11.00 am dan bicara padanya (chapter 2 - 6).



Griffin

Cut Scene :

Playing guitar : Datanglah ke bar pada jam 11.00 pm, kamu akan melihat Griffin memainkan gitarnya.

Gift

Marine jazz : Berteman dengan Griffin. Masuk ke kamarnya pada jam 10.00 am atau 03.00 am.



Darly

Cut Scene

Experiment 1 : Untuk mendapatkan event ini, kamu harus berteman dengan Darly. Masuki rumahnya sekitar jam 1 pm. Kamu akan melihat Darly yang sedang mencoba penemuannya namun gagal.

Experiment 2 : Hampir sama seperti experiment 1, masuki rumahnya sekitar jam 1pm.

Mukumuku 1 : Masuki rumah mu lalu keluar lagi sekitar jam 6pm. Kamu akan melihat Darly berjalan ke spring, ikuti dia. Darly akan kaget melihat mu, dia akan bertanya apa kamu melihat makhluk aneh di sekitar desa. Kamu akan melihat mukumuku di belakang Darly, saat Darly melihat Mukumuku, dia akan keget lalu berlari ke rumahnya.

Mukumuku 2 : Masuki rumah mu lalu keluar lagi sekitar jam 6pm. Kamu akan kembali melihat Darly dan mengikutinya. Kali ini dia menyimpan makanan sebagai umpan untuk memancing Mukumuku. Sayang, Murrey mengambil semua makanan itu.

Mukumuku 3 : Lakukan hal yang sama dengan yang kamu lakukan di event mukumuku sebelumnya. Kali ini Darly membawa makanan untuk memancing mukumuku, tapi kembali gagal karena Murrey memakan semuanya.

Mukumuku 4 : Lakukan hal yang sama seperti di event sebelumnya. Darly tetap menggunakan makanan sebagai umpan, namun kali ini Van, Murrey, dan Mukumuku memakan semua makanan itu.

Mukumuku 5 : Lakukan hal yang sama dengan event sebelumnya. Kali ini Darly memasukkan obat tidur pada makanan yang dia jadikan umpan. Saat Mukumuku memakan makanan itu, dia tidak tertidur. Darly pun menyadari bahwa yang dia masukkan adalah vitamin, bukan obat tidur.

Plotting Against The Cows : Keluar dari rumah mu sekitar sore. Kamu akan melihat Darly mengamati sapi mu. Saat hampir ditabrak sapi mu, dia akan pulang.

Observing Kids : Saat chapter 2, keluar dari rumah mu. Kamu akan melihat Darly mengintip anak mu melalui jendela, setelah kamu memergokinya, dia akan pulang.

 Gift :

Idea Stolen : Masuki rumah Darly sekitar jam 01.00 pm. Dia akan mengeluh soal idenya tentang Seed Maker yang sudah dibuat di kota. Jika kamu belum memiliki Seed Maker dan Seed Maker masih belum terdaftar di daftar pembelian (karena itu, jangan bicara dengan takakura), maka Darly akan memberikan Seed Maker nya pada mu untuk membuktikan bahwa dia yang menemukan seed maker pertama kali (chapter 1).



Kassey & Patrick

Gift :

Firework : Bertemanlah dengan Kassey dan Patrick dengan cara memberi makanan, coin, pretty stone, telur, dan makanan lainnya. Lalu pada chapter 3 datanglah ke rumah mereka saat sedang bekerja, ajaklah Patrick bicara, maka akan diberi olehnya.

64 memories : Kalahkan Kassey/Patrick dalam mini game puzzle sbnyak 10x



Cody

Cut Scene :

Nami and Cody : Masuki rumah Samantha sekitar saat siang hari. Samantha berkata bahwa dia melihat Nami dan Cody bersama.

Gift :

Strange Sickle : Bertemanlah dengan Cody dengan memberinya bunga dan telur. Lalu sekitar pukul 9 siang atau 1 malam datangilah rumahnya. Dia akan memberimu Strange Sickle (harus punya 30 rumput di padang rumput terlebih dahulu). Jika kamu masih belum mendapatkannya, cobalah untuk memotong beberapa rumput di padang rumput mu, kemudian kembali datangi dia.

Iron Statue : Pada chapter ke 3 sering-sering lah berkunjung ke rumah Cody, maka suatu saat ia akan menawarkan mu sebuah patung logam yang akan ia taruh di ruang depan rumah mu.



Romana

Gift :

Kucing : Berteman dengan Romana, lalu pada chapter 2 bulan Fall bangun lah lebih siang dari istri mu dengan menggunakan jam weker dari Grant. Atau bisa juga, masuki rumahmu jam 03.00 pm lalu atur jam alaram menjadi jam 03.30, saat kau bangun, cut scene akan terjadi, dan Romana akan menawari mu seekor kucing hitam (sebernarnya bisa di lakukan di chapter 2-6 asalkan pada bulan fall).

Musical Sheet : Berteman dengan Romana. Beri ia bunga, susu, dan telur setiap hari ketika ia tidak sedang duduk di kursi goyang. Lalu, pada chapter 3-6, pergilah ke kamarnya kira-kira pukul 04.25 pm, lalu ajak ia bicara, maka ia akan memberi mu Musical Sheet.

Watering Can W : Berteman dengan Romana. Pergi ke kamarnya pukul 00.00pm (siang hari)
dan harus memiliki lapangan besar/lahan ke 3.

Atau

Pada chapter 3 musim Winter pada hari ke 6, tapi sebelumnya kamu harus memberikan susu dan bunga kepada romana, kamu pergi ke kamarnya romana saat romana ada dikamarnya kira-kira pukul 04.25 om.



Sebastian

Cut Scene :

Bicaraing With The Expert : Event ini melibatkan Celia dan Lumina. Sebastian dan Celia akan mengobrol di kebun di luar vila. Celia akan memuji kebunnya. Lalu Lumina akan keluar dari vila dan melihat mereka. Sebastian akan berkata "what can i do for you, miss Lumina?" dan Lumina pergi sambil marah.

Just for Lumina : Saat Van masuk ke vila, ikuti dia (sekitar jam 08.00 pm). Van akan berusaha membeli lukisan dari Romana, tapi Romana menolaknya dengan alasan lukisan ini sangat berharga baginya. Lalu Lumina bertanya kenapa Romana tidak ingin menjualnya, ternyata karena yang melukis itu adalah Lumina. Sebastian akan datang dan menawarkan Lumina untuk melukis lagi. Ambil pilihan untuk mengikuti Sebastian yang bertarung dengan Mukumuku.

Reminicense : Kamu harus berteman dengan Sebastian untuk mendapatkan event ini. Masuki kamarnya di vila. Ambil pilihan "is this picture of Romana?" dan Sebastian akan meminta mu tidak menceritakannya pada siapapun. Ambil pilihan I Understand untuk membuat dia senang.

You for Villa : Sering-sering lah mengunjungi Sebastian saat berada di dapur, maka suatu hari ketika kamu masuk, Sebastian akan mengeluh, bahwa jika suatu saat ia telah tiada, siapa yang akan mengurus Romana dan Lumina, kau dapat menjawab ‘You can count on me !’ maka Sebastian akan sangat senang.

Gift :

Town Spirit : Jika kamu telah sering bercakap-cakap dengan Sebastian dan di telah menanyakan kepada mu tentang hobi melukisnya, datanglah di kamar nya saat ia ada, kemudian bercakap lagi dengannya, ia akan memberi mu record.



Murrey

Cut Scene :

Murrey Stealing!! : Simpan beberapa makanan di di freezer (bukan di kulkas di dapur mu), lalu 1 atau 2 hari kemudian keluar dari rumah dan kamu akan melihat Murrey mencuri makanan mu. Jika kamu meminta dia mngmbalikan makanannya,dia akan meminta maaf dan pergi.

Goodbye, Murrey ? : Kamu harus terus menerus memberikan uang padanya sampai dia tidak mau menerima uang mu lagi. Saat kamu masuk ke rumah mu antara 10.00 am – 04.00 pm, Murrey akan datang dan mengucapkan selamat tinggal dan memberi mu item hasil penggalian.

Again ? : Dirumahmu sekitar jam10.00 AM sampai 04.00 PM, dia berkata bahwa ia menghabiskan uangnya di bar dan butuh bantuanmu.



Mukumuku

Gift :

Joy of fall : Berteman dengan Mukumuku, beri ia 3 bunga dan 3 ikan dalam satu hari, lalu bercakap dangannya setiap hari, jika sudah sekali kamu di berikan record olehnya, maka selanjutnya kamu tak perlu memberi nya hadiah lagi, cukup bicara dengannya dan ia akan terus memberi mu record, namun 1 hari ia hanya memberikan 1 record.





Trick & Tips



Cara Mendapatkan Biji Grade S (Grade S seed)

Dapatkan Tartan di Year 2. Bertemanlah dengannya dengan banyak mengajak ia bicara. Terus lakukan hal tersebut setiap malam hingga hybridize terbuka.

1.         (Untuk yang bukan tumbuhan berpohon) Hybrid-kan hasil panenmu dengan upseed. Maka anda akan mendapatkan Grade S seed

2.         (Untuk tumbuhan berpohon) Hybrid-kan Grade S seed tanaman tidak berpohon dengan hasil panenmu (Buah dari tanaman tidak berpohon ada 5 yaitu apel, jeruk, persik, anggur, pisang)



Cara mendapatkan resep Entreess, Dessert, dan Main Dishes.

Pertama tanamlah ±25 Turnip, kemudian setelah panen buat semua Turnip tersebut menjadi Light Pickles.



Buy and Sell : Ketika kamu menjual suatu barang ke Van, kamu dapat menawar harga nya agar lebih tinggi bila mana harga asli sebuah barang tersebut lebih dari 100 G



Tempat memancing yang baik.

Pada pagi hari sebelum jam 05.30 pergilah memancing didekat air terjun, di sana kamu akan mendapatkan banyak ikan yang mahal.



Cara Menghybrid

Masuk ke rumah Takakura, bicara langsung kepada Tartan entar Tartan memberikan 2 pilihanI want to analyze” atau “I want to bicara” pilih bicara sebanyak-banyaknya, terus Tartan akan memberi pilihan hybrid, sekarang kamu bisa menghybrid 2 benih tanaman yg berbeda (bila mau menghybrid benih tanaman harus bicara dulu sama Tartan sebanyak 3x biar succes menghybrid nya).



Cara mendapatkan anak perempuan.

Pada Chapter 1, datanglah kerumah peri Harvest. Carilah tiga pot yang berdempetan dan bicara terus-menerus padanya hingga ia mengatakan ‘YOU WIN’ Setelah itu bicara pada salah satu peri Harvest, maka mereka akan memberimu pilihan anak, yaitu Daughter (anak perempuan) atau Son (anak laki-laki).



Fungsi beberapa tanaman jika di hybrid ke seed crop

Happy Lamp : membuat tanaman bisa tumbuh di segala musim.

NB : Seed/Crop RC 1 + Happy Lamp = maka ia bisa tumbuh selain musim Spring (Spring – Winter), karena jika tidak dia akan mati jika di tanam di musim Summer – Winter.

Gamesoil : membuat tanaman bisa tumbuh di segala lahan.

NB : Seed/Crop RC 1 + Gamesoil = maka ia bisa tumbuh selain lahan 3 ( lahan 1 , 2 ,3), karena jika tidak dia akan mati jika di tanam di lahan 1 dan 2.

Upseed : membuat tanaman menjadi Grade S.

NB : Seed/Crop Tomato B + Upseed = Seed Tomato S.



Cara Mendapat Great Field (Lahan ke tiga)

Berbicara ke Tartan sampai ada pilihan “I want to hybrid” setelah itu bicara ke takakura, nah, kamu tinggal pergi ke gudang pangan dan akan ada pilihan pembelian Great Field dengan harga 20.000



Easy 40.000 Gold

Trik ini dapat di lakukan pada bulan 1, 3 dan 4. Siapkan lah 20 buah bibit strawberry dan turnip, campurkan ke dua benih itu sehingga menjadi dhibe. Lalu tanam lah, saat sudah panen, masak lah buah dhibe itu menjadi Dhibe Cake (lihat di recipes) satu buah Dhibe Cake berharga 2010 G, jika menjual dua pulu buah Dhibe Cake, maka mendapat ± 40.000 G.





Cara Mendapat Kuda Putih

1.      Pada bulan pertama chapter ke 1 tanamlah 2 bibit tomat peninggalan ayahmu (ambil di lemari gudang peralatan).

2.      Setelah menjadi tomat buatlah 2 makanan salad dengan resep (mugwort, ikan, tomat) lalu berikan 2 makanan tersebut kepada Takakura.

3.      Tunggu sampai kau di beri kuda pada bulan kedua chapter pertama.







Lama Pembangunan Bagunan Baru

Ketika kamu membeli sebuah bangunan baru pada Takakura, maka bangunan itu tak akan langsung jadi, butuh waktu beberapa hari sebelum bangunan tersebut selesai dibangun, berikut daftar lama nya pembangunan :

Nama Bangunan
Lama Pembangunan
Nama Bangunan
Lama pembangunan
Pond
2 Hari
Chiken Yard
10 Hari
Fertilizer Maker
2 Hari

Seed Maker
2 Hari

Food Procecing Room
5 Hari

Milking Room
10 Hari

Great Filed







Child



Anak dari Celia

Kelebihan dan Kelemahan

Skill
Strength
Animals
Sangat Tinggi
Plant
Sangat Tinggi
Music
Rendah
Artist
Tinggi
Athlete
Sangat Rendah
Scholar
Sangat Rendah



Ketertarikan


Skill
Tingkat Ketertarikan
Animals
Tinggi
Plant
Sangat Tinggi
Music
Sangat Rendah
Artist
Rendah
Athlete
Sangat Rendah
Scholar
Rendah


Massa balita : Pada massa ini anak Celia akan sangat energetic dan menyukai alam, dia suka berada di luar rumah, menghabiskan banyak waktu mengamati perkebunan mu, ia akan kembali ke dalam rumah jika hari sudah mulai gelap. Dia akan menanyakan beberapa pertanyaan padamu. Namun sepertinya dalam masa ini ia takut pada hewan dan akan histeris jika kamu menunjukannya binatang dari perkebunan mu.

Massa kanak-kanak : Sikapnya masih akan sama ketika ia masih balita, namun ia akan kelihatan lebih jenius dan memiliki banyak pengetahuan tentang berkebun, ia juga sering membaca catatan-catatan mu dan mempelajarinyalalu ia akan bertanya kepada mu apakah berkebun itu menyenangkan. Ia juga orang yang sangat ramah pada semua orang di desa.

 
Massa remaja : Pada massa ini kertertarikannya pada suatu hal akan terlihat sangat jelas, kau akan dapat melihat dekorasi di kamarnya yang mencerminkan kepribadiannya, cara bicaranya juga akan berubah. Seperti remaja lainnya ia sangat suka complain, namun ia adalah anak yang bahagia, dia masih sangat menyukai alam dan sering terlihat tersenyum, dia memiliki hubungan baik dengan mu dan Celia, juga para penduduk desa.

 
Saat dewasa : Sekarang anak mu telah tumbuh sempurna, semua kesukaan dan kertertarikannya telah sepenuhnya terisi dan sekarang ia akan memilih karirnya. Pada massa ini ia sering berbicara, memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, dan tipe orang pekerja keras



Anak dari Nami

 Kelebihan dan Kelemahan

Skill
Strength
Animals
Tinggi
Plant
Tinggi
Music
Tinggi
Artist
Tinggi
Athlete
Sangat Rendah
Scholar
Sangat Tinggi



Ketertarikan

Skill
Tingkat Ketertarikan
Animals
Sangat Rendah
Plant
Tinggi
Music
Sangat Rendah
Artist
Sangat Tinggi
Athlete
Sangat Rendah
Scholar
Sangat Rendah

  
Massa balita : Anak Nami adalah anak yang pendiam tidak seperti anak Celia atau Muffy yang energetic, anak Nami benar-benar jarang meninggalkan rumah, namun begitu ia keluar rumah, ia akan menjelajahi perternakanmu. Pada massa ini anak Nami memiliki perilaku yang benar-benar baik dan terobsesi dengan seni.
 
Massa kanak-kanak : Perubahan anak Nami pada massa ini paling drastis dari tiga anak lainnya, sekarang ia lebih agak suka bersosialisasi dan lebih ceria daripada saat ia masih balita, ia akan memiliki banyak pertanyaan yang akan ia adukan ke Cody, ia memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi, ia sering mengunjungi dan mengamati sekitarnya.

 
Massa remaja :  Pada massa ini kertertarikannya pada suatu hal akan terlihat sangat jelas, kau akan dapat melihat dekorasi di kamarnya yang mencerminkan kepribadiannya. Pada massa ini anakmu akan sering mengomentari tentang ibunya, Nami, dan tak terlalu dekat denganmu, ia juga menyimpan dendam terhadap Nami mereka berdua sering terlihat berkelahi, anakmu menjadi anti-social namun menghabiskan waktu di luar rumah.

Saat dewasa : Sekarang anak mu sudah benar-benar tumbuh, ia akan memilih karirnya sendiri berdasarkan bagaimana kamu membesarkannya. Anak Nami memiliki banyak potensi karir karena fisiknya yang kuat. Sekarang ia telah menjadi dewasa, sifat emosionalnya telah hilang, namun ia masih anti-social, meski begitu, jika ia telah akrab dengan seseorang, maka ia akan memiliki ikatan yang erat dengan orang itu.



Anak dari Lumina

 Kelebihan dan Kelemahan

Skill
Strength
Animals
Tinggi
Plant
Sangat Rendah
Music
Sangat Tinggi
Artist
Tinggi
Athlete
Sangat Rendah
Scholar
Sangat Rendah



Ketertarikan

Skill
Tingkat Ketertarikan
Animals
Rendah
Plant
Sangat Rendah
Music
Sangat Tinggi
Artist
Sangat Tinggi
Athlete
Rendah
Scholar
Sangat Rendah

  
Massa balita : Pada massa ini anak Lumina tak akan pernah meninggalkan rumah dan lebih sering terlihat berdiri di dekat partitur musikmu, anak Lumina juga akan sering protes jika di suruh untuk tidur. Yang perlu di catat ialah anak Lumina benar-benar takut pada ayam. 
 
Massa kanak-kanak : Perubahan anak Lumina pada massa ini ialah ia akan sedikit lebih energetic, optimis dan sangat suka keluar rumah, ia juga akan mengomentari setiap orang di desa, terutama Kate. Anak Lumina memiliki hubungan yang baik dengan Kate,

Massa remaja : Pada massa ini sifat dan kertertarikan anak mu mulai terbentuk, hal ini bisa di lihat dari diary dan dekorasi kamarnya, cara bicara anak Lumina pada massa ini akan mulai berubah, entah kenapa pada massa ini anak Lumina akan sering kelihatan marah dan jengkel kepada orang tua nya, ia juga jarang terlihat tersenyum, ia tetap suka berkeliling desa, namun kali ini ia akan sering terlambat pulang ke rumah.

Saat dewasa :  Sekarang anak mu sudah benar-benar tumbuh, ia akan memilih karirnya sendiri berdasarkan bagaimana kamu membesarkannya. Emosi anak Lumina pada massa ini akan lebih stabil dari sebelumnya, ia akan mulai kembali menjadi optimis, ceria dan sudah mulai sering kelihatan tersenyum, kini ia juga telah memiliki hubungan baik dengan orang tua nya



Anak dari Muffy

 Kelebihan dan Kelemahan

Skill
Strength
Animals
Sangat Rendah
Plant
Rendah
Music
Tinggi
Artist
Sangat Rendah
Athlete
Tinggi
Scholar
Rendah



Ketertarikan

Skill
Tingkat Ketertarikan
Animals
Tinggi
Plant
Rendah
Music
Tinggi
Artist
Rendah
Athlete
Tinggi
Scholar
Rendah

  
Massa balita : Anak Muffy akan adalah anak yang paling energetic di banding tiga anak lainnya, dia juga berterus terang dan tak pernah takut menanyakan banyak pertanyaan. Pada massa ini anak Muffy akan menghabiskan wakttu di kandang perternakan atau di padang rumput. Anak Muffy suka mencuri perhatian penduduk desa dan senang bermain dengan mu.
Massa kanak-kanak : Pada massa ini sifat anak Muffy masih sama ketika ia masih balita, namun sekarang ia juga sudah mulai menunjukkan kertertarikan pada bidang athlete, dan berteman dengan orang di desa. Cody berpikir anak mu memiliki potensi Artist, Wally dan Hugh akan menjadi sahabat anak mu, Kate pun juga merupakan teman favorit anak mu bermain bersama.

  
 Massa remaja :  Pada massa ini kertertarikannya pada suatu hal akan terlihat sangat jelas, kau akan dapat melihat dekorasi di kamarnya yang mencerminkan kepribadiannya. Pada massa ini dialog anak mu telah berubah, namun ia tetap sering berbicara, jika kau membiarkan anak Muffy memilih karir nya, maka ia akan sangat tertarik dengan memiliki pacar dan pambangunan tubuh berotot, karena ia merasa fisik nya tidak memenuhi syarat agar seorang gadis dapat menyukainya -___-‘. Entah kenapa pada massa ini anak Muffy terlihat lebih murung. Anak mu masih tertarik ke Animals, namun ia berpikir akan merepotkan untuk mengurus mereka.
 
Saat dewasa : Sekarang anak mu sudah benar-benar tumbuh, ia akan memilih karirnya sendiri berdasarkan bagaimana kamu membesarkannya. Anak Muffy memiliki kemungkinan besar menjadi seorang atlit, namun itu semua tergantung dari bagaimana kamu membesarkannya. Sekarang anak Muffy sudah kembali ceria dan memiliki hubangan yang baik dengan kedua orang tua nya.





Up Your Child Skill



Scholar

Scholar adalah pengembangan minat anak terhadap ilmu pengetahuan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :

1.                  Berteman baik dengan Darly, Carter, maupun Flora

2.                  Memberikan mainan Toy Car (mobil-mobilan) atau Blocks (puzzle)

3.                  Menunjukkan hasil penggalian berupa Ore seperti Moon Ore dan Sugar Ore

4.                  Bawa anak ke tempat Darly dan tempat Carter.

5.                  Saat chapter ke 3 baca buku The Seven Wonders

6.                  Jika berteman baik dengan Flora dan Carter maka saat chapter ke 3 ia memberikan Necklace yang bisa diberikan pada anak.

Plants

Plants adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap tumbuhan (ahli Botanis). Hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minat anak yaitu :

1.                  Menunjukkan Bunga, Hasil panen, tanaman liar, Bibit (Seed).

2.                  Berteman baik dengan Celia, Vesta, dan Marlin
Bawa anak ke Vesta’s Farm atau cukup tinggalkan di tanah pertanian sendiri.

Animals

Animals adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap hewan. Hal yang bisa menaikkan minat anak yaitu:

1.                  Menunjukkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan sebagainya.

2.                  Menunjukkan bayi atau anak sapi (Cattle), serta Ayam (Chickens)

3.                  Bawa anak ke Barn dan Chicken Coop di tanah pertanian

4.                  Membaca buku ‘I love Pets!”

5.                  Memerah susu sapi/kambing dengan tangan dan gunakan Wool Shears (pencukur biasa) pada domba atau gunakan Milking Room.

6.                  Menerima Kucing dari Romana serta berteman baik dengan Romana

Artist

Artist adalah kemampuan anak terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seni termasuk melukis maupun memahat. Hal yang bisa membantu mengembangkan minat anak yaitu :

1.                  Tunjukkan Moon Ore dan Sugar Ore dari hasil penggalian

2.                  Berteman baik dengan Cody, Patrick, Kassey, maupun Sebastian

3.                  Bawa anak ke rumah Cody (Artist’s House), rumah si kembar Patrick & Kassey (Fireworks Maker) ataupun ke Villa tempat Sebastian berada.

4.                  Tunjukkan selalu mainan Scratchpad pada anak.

5.                  Baca buku “Colors” dalam ruangan

Music

Music adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia musik. Anak Lumina sangat menyukai musik jadi hal-hal yang bisa mengembangkan minat musik adalah :

1.                  Berteman baik dengan Gustafa, Lumina (jika tidak menikahi dia), Romana, ataupun Griffin.

2.                  Bawa anak ke tenda Gustafa (Bard’s House). Blue Bar, Inner Inn dan Villa merupakan alternatif.

3.                  Dapatkan drum set dari Gustafa untuk diberikan pada anakmu saat chapter ke 3, itu jika berteman baik dengannya. Juga bisa mendapatkan Musical Sheet jika berteman baik dengan Romana.

Athlete

Athlete adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia olahraga terutama Atletik. Hal-hal yang bisa membantu yaitu :

1.                  Selalu menunjukan Bola biru yang dibeli dari Van pada anak

2.                  Berteman baik dengan Wally dan Hugh.

3.                  Bawa anak ke rumah Wally.

4.                  Setelah anak tumbuh besar di saat chapter ke 3 atau 4 maka barang-barang di kamarnya bisa menunjukkan tingkat kesukaannya.



Mini Games

Grave Cleanness

Waktu : Pergi ke rumah Galen di chapter ke 2, lalu bicara ke dia di saat ia berada di dekat kuburan pada jam 07.00 am – 07.30 am , dan pilih ‘Of course’ (Chapter 2 – 6 ).

Cara : Cuma tekan x, secepatnya. Jika lelah tekan start.

Drinking Milk

Waktu :

Vs Rock : Bicara dengannya di Inner Inn pada tanggal 3 & 8, jam 00.30 pm dan pilih ‘Yes’ (Chapter 1 – 6) <Medium>

Vs Grant : Bicara dengannya di Inner Inn pada tanggal 3 & 8, jam 00 pm – 1 pm dan pilih ‘Yes’ (Chapter 2 – 6) <Easy>

Vs Hugh : Bicara dengannya di Inner Inn pada jam 10 am setiap hari (Chapter 4 – 6) <Hard>

Cara : Tekan x secepatnya. Jika lelah tekan start.

Teritorry Capture

Ini memainkan otak kita, untuk cara bermain akan dijelaskan sebelum bermain :) , ingat saat ada pilihan Yes dan No sebelum bermain, pilih Yes agar di jelaskan cara mainnya ( Good Luck :) )

Waktu :

Vs Kassey : Bicara dengannya saat ia berada di rumahnya pada jam 08.30 am – 11.00 am (Chapter 1 – 6) <Medium>

Vs Patrick : Bicara di rumahnya pada jam 08.30 am – 11.00 am (chapter 3 – 6) <Easy>



Plants & Hybrid



Crops

Tomato (Spring - Fall)

Watermelon (Spring - Summer)

Melon (Summer - Fall)

Strawberry (Winter - Spring)

Turnip (Summer - Winter)

Potato (Winter - Spring)

Yam (Fall)

Carrot (Fall - Winter)

Trees

Peach (Summer)

Orange (Summer)

Grape (Fall)

Banana (Summer)

Apple (Fall)

Hybird Cropps

Gretoma =  Tomato + Watermelon (Spring - Fall)

Berrytoma = Tomato + Strawberry (Spring - Fall)

Melotoma = Tomato + Melon (Spring - Fall)

Berryber = Watermelon + Strawberry (Spring - Summer)

Melober = Watermelon + Melon (Spring - Summer)

Berrylon = Melon + Strawberry (Fall - Spring)

Radita = Turnip + Potato (Winter - Summer)

Cady = Turnip + Carrot (Winter - Summer)

Kandy = Turnip + Yam (Winter - Summer)

Tataro = Potato + Carrot (Winter - Summer)

Bashota = Potato + Yam (Winter - Summer)

Kanro = Yam + Carrot (Summer - Fall)

Trady = Turnip + Tomato (Spring - Fall)

Tobatama = Potato + Tomato (Spring - Fall)

Tomaca = Carrot + Tomato (Spring - Fall)

Yamato = Yam + Tomato (Spring - Fall)

Raury = Turnip + Watermelon (Spring - Summer)

Bashber = Potato + Watermelon (Spring - Summer)

Cabber = Carrot + Watermelon (Spring - Summer)

Kashry = Yam + Watermelon (Spring - Summer)

Dhibe = Strawberry + Turnip (Fall - Spring)

Paberryta = Strawberry + Potato (Fall - Spring)

Caberry = Strawberry + Carrot (Fall - Spring)

Berrican = Strawberry + Yam (Fall - Spring)

Dhilon = Turnip + Melon (Summer - Fall)

Potamelo = Potato + Melon (Summer - Fall)

Camelo = Carrot + Melon (Summer - Fall)

Sholo = Yam + Melon (Summer - Fall)

Hybrid Trees

Appage = Banana + Apple (Fall)

Gehju = Banana + Grape (Summer)

Jurum = Peach + Grape (Fall)

Lanmuge = Peach + Orange (Fall)

Magerum = Peach + Banana (Winter)

Magenge = Orange + Banana (Summer)

Orahge = Orange + Gehju (Summer)

Oraphu = Orange + Apple (Spring)

Phuju = Apple + Grape (Summer)

Phurum = Apple + Peach (Fall)

Rare Crop (RC)

RC 01 = Cabber + Raury (Spring)

RC 02 = Gretoma + Berrylon (Spring)

RC 03 = Tomaca + Melotoma (Summer)

RC 04 = Bashber + Kashry (Summer)

RC 05 = Dhilon + Camelo (Fall)

RC 06 = Cady + Kanro (Spring)

RC 07 = Kanro + Kandy (Summer)

RC 08 = Cabber + Kanro (Fall)

RC 09 = Tobatama + Bashber (Fall)

RC 10 = Berrylon + Dhibe (Spring)

RC 11 = Dhibe + Dhilon (Summer)

RC 12 = Dhilon + Caberry (Fall)

RC 13 = Cabber + Caberry (Winter)

RC 14 = Kanro + Radita (Summer)

RC 15 = Tataro + Cady (Spring)

RC 16 = Yamato + Kashry (Fall)

RC 17 = Kandy + Cady (Winter)

RC 18 = Trady + Berrylon (Spring)

RC 19 = Cabber + Berrylon (Summer)

RC 20 = Caberry + Berrylon (Fall)

RC 21 = Camelo + Berrylon (Winter)

RC 22 = Radita + Kandy (Spring)

RC 23 = Raury + Sholo (Summer)

RC 24 = Raury + Sholo (Summer)

NB :

RC 23 hanya bisa dibuat antara 06.00 pm - 05.59 am

RC 24 hanya bisa dibuat antara 06.00 am - 05.59 pm

Rare Tree (RT)

RT 01 = (Winter)

1.      Jurum + Phurum

2.      Jurum + Phuju

3.      Phuju + Phurum

RT 02 = (Summer)

1.      Gehju + Lanmuge

2.      Magerum + Orahge

3.      Jurum + Magenge

RT 03 = (Winter)

1.      Appage + magenge

2.      Appage + Oraphu

3.      Magenge + Oraphu

RT 04 = (Summer)

1.      Lanmuge + Magenge

2.      Magenge + Magerum

3.      Magerum + Lanmuge

RT 05 = (Fall)

1.      Appage + Lanmuge

2.      Magenge + Phurum

3.      Magerum + Oraphu

RT 06 = (Fall)

1.      Appage + Orahge

2.      Gehju + Oraphu

3.      Magenge + Phuju

RT 07 = (Summer)

1.      Appage + Jurum

2.      Gehju + Phurum

3.      Magerum + Phuju

RT 08 = (Fall)

1.      Gehju + Jurum

2.      Gehju + Orahge

3.      Jurum + Orahge

RT 09 = (Spring)

1.      Orahge + Phurum

2.      Jurum + Oraphu

3.      Lanmuge + Phuju



Festival

Menurut ku sih ini penting, karena dapat membuat ikatan pertemanan dengan warga makin erat.

Happy New Year Festival = Tanggal 1 spring chapter 2 - 6, pergi ke villa antara 10.00 am – 9.00 pm.

Summer Festival = Tanggal 2 summer chapter 1 - 6, keluar rumah antara 10.00 am – 5.00 pm. Dibatalkan jika turun hujan

Harvest Festival = Tanggal 5 Fall chapter 1 - 6, keluar rumah antara 00.00 pm – 5.00 pm.

Star Night Festival = Tanggal 7 winter chapter 1 - 6, keluar rumah antara 7.00 pm – 11.00 pm. Dibatalkan jikat turun salju.



Hasil Hutan

Spring

Toy Flower = 10 G

1.      Di Spring, di sekitar danau

2.      Di Sekitar Bukit kecil, dekat Vesta’s Fram

Goddess Drop = 15 G

1.      Di Spring, dekat air tejun

2.      Di sekitar kincir angin, dekat Vesta’s Fram

Mugwort = 15 G

1.      Di pertanianmu

2.      Di dekat rumah si kembar Kassey dan Patrick

3.      Di dekat Villa Romana

4.      Di dekat jalur ke kota

5.      Di dekat rumah Cody

6.      Di jalur sungai ke Dig Site

Summer

Happy Lamp = 15 G

1.      Di dekat rumah Gustafa

2.      Di dekat rumah Cody

Mist Moon = 10 G

1.      Di sekitar bukit kecil , dekat Vesta Fram

2.      Di sekitar Spring

Royal Fren = 15 G

1.      Di pertanianmu

2.      Di dekat jalur ke kota

3.      Di jalur sungai ke Dig Site

4.      Di dekat Villa Romana

5.      Di dekat rumah si kembar Kassey dan Patrick

6.      Di dekat rumah Cody

Fall

Trick Blue = 10 G

1.      Di sekitar Turtle Swamp

2.      Di dekat rumah Cody

Gemsoil = 15 G

1.      Di sekitar Dig site

Bracken = 15 G

1.      Di pertanianmu

2.      Di dekat danau di Spring

3.      Di dekat rumah si kembar Kassey dan Patrick

4.      Di sekitar Villa Romana

5.      Di dekat jalur ke kota

Hackberry = 25 G

1.      Di pertanianmu

2.      Di dekat rumah Cody

3.      Di dekat danau di Spring

Matsutake = 25 G

1.      Di dekat danau di Spring

2.      Di dekat rumah si kembar Kassey dan Patrick

Toadstool = 100 G

1.      Di tebing dekat Vesta’s Fram

Winter

Amorous = 10 G

1.      Di sekitar Turtle Swamp

2.      Di dekat rumah Cody

Upseed = 25 G

1.      Di dekat rumah Cody

2.      Di samping aliran sungai antara Vesta’s Fram ke Dig Site

Sorrel = 20 G

1.      Di pertanianmu

2.      Di sekitar Villa Romana

3.      Di tebing antara Vesta’s Fram ke Dig Site

4.      Di dekat rumah si kembar Kassey dan Patrick

5.      Di dekat rumah Cody



Memancing :



Ini perlu kesabaran, caranya pakai pancingan lalu berdiri di tepi tempat memancing ( air terjun, Turtle swamp, danau Spring, sungai atas, dan Down Stream) dan tekan x lalu tunggu sampai ada getaran di layar kemudian ketika umpan di makan (ada bunyi kecempluk) akan ada percikan air, tunggu hingga 6 detik (waktu di dunia nyata, hitung saja sampai 6 secara cepat) kemudian tekan x sekali.

Tiny colombo = 10G

Colombo = 20 G

Big colombo = 40 G

Huge colombo = 100 G

NB : Down Stream, Sungai atas, danau Spring, dan Turtle Swamp

Tiny snelt = 20 G

Snelt = 30 G

Big snelt = 60 G

Huge snelt = 100 G

NB: Danau Spring, Turtle Swamp, Down Stream, dan Sungai atas

Tiny nyamame = 50 G

Nyamame = 60 G

Big nyamame =130 - 156 G

Huge nymame = 200 - 240 G

NB: Air Terjun, danau Spring, dan Turtle Swamp

Tiny huchep = 60 G

Huchep = 90 G

Big huchep = 170 - 204 G

Huge huchep = 250 - 300 G

NB : Air Terjun

Tiny rainbob = 70 G

Rainbob = 80 G

Big rainbob =150 - 180 G

Huge rainbob = 500 - 600 G

NB : Sungai atas, Down Stream dan Danau Spring

Tiny Yamame = 300 - 360 G

Yamame = 500 - 600 G

Big yamame = 1000 - 1200 G

Huge yamame = 2000 - 2400 G

NB : Air terjun, Danau Spring, dan Turtle Swamp 

Tiny arna = 300 - 360 G

Arna = 405 - 486 G

Big arna = 800 - 960 G

Huge arna = 1500 - 1800 G

NB : Danau Spring dan Turtle Swamp

Tiny sharshak = 500 - 600 G

Sharshak = 600 - 720 G

Big sharshak = 1200 - 1440 G

Huge sharshak = 2500 - 3000 G

NB : Sungai atas dan Down Stream



Recipes



Salad :

Egg Salad                    : Egg + Tomato + Gretoma (25 G)

Melon Salad                : Melon + Tomato + Trady (25 G)

Light Pickles               : Turnip (25 G)

Pickles 1                      : Trady + Raury (25 G)

Pickles 2                      : Cabber (25 G)

Tomamelo Salad         : Tomato + Melon (35 G)

Dhibe Salad                :Dhibe + Tomato + Berrytoma (35 G)

Mellow Salad              : Melotoma + Dhilon + RT 02 (35 G)

Potamelo Salad           : Potamelo + Tomato + Berrytoma(35 G)

Red Salad                   : Tomato + Trady + Dhibe (35 G)

Tomacarro Salad         : Tomato + Wortel (35 G)

Red Veggie                 : RC 18 + Tomato + Trady (35 G)

Fruit Salad                  : Tomato + Apple + Orange (40 G)

Good Pickles               : RC 14 + RC 22 (60 G)

Shiny Salad                 : RC 18-21 + Apple + Orange (200 G - 240 G)

Rare Salad                   : RC 01-09 + Tomato + Dhilon (350 G - 420 G)



Entrees :

Grape Pie                    : Grape + Egg + Butter (50 G)

Melon Pie                    : Melon + Egg + Butter (50 G)

Fried Nuts                   : RC 03 + Potato + Butter (70 G)

Fried Veggie               : Tomato + Carrot + Butter (70 G)

Fried Mushroom         : Matsutake + Turnip + Butter (80 G)

Tempura                      : Yam + Hackberry + Mugwort (80 G)

Mixed Fry                   : Fish + Hackberry + RC 4/9 (95 G)

Sashim i                       :  Fish (150 G - 180 G)

Sashimi (S)                  :  Fish + Fish (200 G - 240 G)

Shiny Stir-Fry             : Turnip + RC 18-21 + Butter (450 G - 540 G)

Shiny Tempura            : Fish + RC 18-21 (450 G - 540 G)



Soup :

Tomatoma Soup          : Carrot + Tomato (90 G)

Earth Soup                  : Carrot + Potato (100 G)

Potato Soup                : Potato + Hackberry + Mugwort (100 G)

Yam Soup                   : Yam (110 G - 132 G)

Stew                            : Potato + Milk + Carrot (200 G - 240 G)

Good Soup                  : Fish + Turnip + Bashota (250 G - 300 G)

Fish Stew                    : Potato + Fish + Turnip (250 G - 300 G)

Good 4 U Soup           : RC 08 + RC 17 + RC 14/23/24 (400 G - 480 G)

Super Soup                  : RC 10-13 + RC 18-21 (400 G - 480 G)

Rare Stew                   : RC 01 + Milk + RC 02 (400 G - 480 G)



Dessert :

Phurum Jam                : Phurum (40 G)

Magenge Jam              : Megenge (45 G)

Veggie Juice                : Tomato/Carrot + Berrylon (50 G)

Fruit Juice                   : Apple + Peach + Milk (50 G)

Good Juice                  : Tomato + Gretoma + Apple (60 G)

Orange Juice               : Orange (75 G)

Rich Juice                    : Star Milk + Banana + Peach (75 G)

Grilled Yam                : Yam (75 G)

Ice Cream                    : Brown Milk + Star Milk (110 G - 132 G)

Peach Tart                   : Peach + Egg + Butter (125 G - 150 G)

Short Tart                    : RT 08 + Egg + Butter (125 G - 150 G)

Fruit Punch                 : 3 fruits (150 G - 180 G)

Veggie Cake               : Tomato + Egg + Milk (150 G - 180 G)

Kashry Sherbet           : Brown Milk + Star Milk + Kashry (150 G - 180 G)

Carrot Cake                 : Carrot + Egg + Milk (150 G - 180 G)

Sweet Potato               : Yam + Egg + Butter (150 G - 180 G)

Pound Cake                : Butter + Egg + Milk (175 G - 210 G)

Strawberry Cake         : Strawberry + Egg + Milk (190 G - 228 G)

Cocktail                       : Phuju + Melotoma (190 G - 228 G)

Love Cocktail             : Grape + Watermelon (200 G - 240 G)

Sweet Cocktail            : Gehju + Oraphu (200 G - 240 G)

Dancing Dessert          : Apple + RC 10-13 + RT 01-09 (350 G - 420 G)

Juice DX                     : RC 01/06 + Carrot + Orange (400 G - 480 G)

Super Yam                  : RC 16 (400 G - 480 G)

Dhibe Cake                 : Dhibe + Egg + Milk (1675 G - 2010 G)



Main Dishes :

Baked Tataro              : Tataro + Egg + RC 23/24 (125 G - 150 G)

Rootbaisse                   : Carrot + RC 23/24 (125 G - 150 G)

Bean Bowl                  :  RC 07 (150 G - 180 G)

Mountain Bowl           : RC 09 + Mugwort + Matsutake (150 G - 180 G)

Mushroom Gratin        : Butter + Milk + Matsutake (150 G - 180 G)

Mixed Veggies            :  Potato/Berrican + Egg + RC 07 (150 G - 180 G)

Veggie Pasta               : RC 04 + Tomato + Mugwort (200G - 240 G)

Omelet                                    : Egg + Butter (200 G - 240 G)

Gratin                          : Milk + Butter + Cheese (200 G - 240 G)

Curry                           : Potato + Carrot + Ruby's Spice (200 G - 240 G)

Mushroom Curry         : Potato + Hackberry + Ruby's Spice (200 G - 240 G)

Mushroom Pasta         : Cady + RC 14 (225 G - 270 G)

Hot Curry                    : Carrot + RC 11 + Ruby's Spice (250 G - 300 G)

Fish Set                       : RC 23/24 + Fish (250 G - 300 G)

Meuniere Set               : Fish + Butter (250 G - 300 G)



Untuk resep yang paling menguntungkan adalah.......

Dhibe Cake dari menu Dessert dengan resep Dhibe + Egg + Milk memiliki harga jual 1675G dan bisa dinaikkan seharga 2010G. Dijamin cepet kaya ^^b



What you have to do

Hari Pertama :

Saat kau bangun di hari pertama pergilah ke gudang peralatan, ambilah cangkul, emrat, sabit, dan 2 buah bibit tomat yang di tinggalkan ayahmu

-          Kemudian masuklah ke kandang sapi, ambil makanan dari tempat penyimpanan makanan hewan, ambil dua fodder kemudian letakkan di tempat makan sapi mu.

-          Bicara, elus dan perah sapi mu, kemudian ambil susu hasil perahan dan simpan, ingat ! sapi mu akan menghasilkan susu sampai pertengahan bulan ke empat ! selnajutnya ia akan berhenti menghasilkan susu, untuk membuatnya kembali menghasilkan susu, kau harus mengawinkannya dengan sapi jantan yang nanti kamu beli (biaya perkawinannya gratis), atau sapi jantan dari kota (biaya perkawinannya cukup mahal). Itu pun kamu harus menunggu kurang lebih 2 bulan setelah perkawinan sapi mu hingga ia kembali menghasilkan susu.

-          Setelah mengurus sapi, keluarlah menuju perternakan mu, pergilah menuju Vesta’s Farm, belilah 3 bibit : apel, pisang, persik, anggur, dan jeruk yang akan kau tanam di lahan pertama dan kedua pertanian mu, lalu beli lah 7 buah pupuk, kemudian pupukkan di rumput Barn Yard mu. Jika kau ingin menikahi Celia, belilah itu semua padanya, jika tidak, maka belilah di Marlin.

-          Setelah itu kembali lah ke perternakan mu, mulai lah mencangkul tanah di lahan satu dan dua pertanianmu, kemudian tebarkan bibit yang sudah kau beli dan 2 buah bibit tomat peninggalan ayah mu, sirami mereka.

-          Ambillah 2 buah tanaman liar yang tumbuh di perternakan mu selama musim spring, tanaman ini berguna untuk menjadi makanan anjing mu, atau kamu.

-          Pergi ke Barn Yard dan pupukkan rumput di sana.

-          Kembali ke sapi mu lagi, elus dan bicara dengannya, kemudian isi kembali kotak makanannya, kemudian perah susunya.

-          Jika hari masih belum gelap pergilah ke Spring untuk mengambil hasil hutan di sana, namun jika hari telah mulai gelap, kembalilah ke rumah mu dan tidur.

Hari kedua :

-          Sirami tanaman mu, jika air di emrat mu habis, isilah kembali dengan mengambil air dari sumur di dekat lahan keduamu.

-          Ambillah tanaman liar di pertanianmu

-          Rawat sapimu, dan perahlah susunya.

-          Pergi lah ke situs pengalian, bicara ke Carter, kemudian mulailah mengali.

-          Setelah selesai, pulanglah, kemudian sirami tanaman mu.

-          Rawat sapi mu, ambil susunya dan tidurlah.

Hari ketiga :

-          Sirami tanaman mu, ambil tanaman liar di pertanianmu.

-          Rawat sapi dan perah susunya.

-          Berkeliling desa dan ambil tanaman-tanam liar.

-          Pada jam 00.00 pm Van akan datang, juallah susu, hasil hutan, dan hasil pertambangan mu pada dia.

-          Setelah selesai menjual, beli pancingan dan sikat dari Van

-          Pergi lah memancing di dekat jembatan.

-          Bila sudah sore, kembali dan sirami tanaman mu.

-          Rawat dan perah sapi mu.

Bulan kedua :

Pada bulan ini mulai lah bersosialisasi dengan warga, ada beberapa warga yang item nya hanya dapat kau dapatkan di chapter 1, seperti Seed Maker Darly, jadi kau harus fokus berteman dan sering-sering mengunjungi rumahnya.

NB : pada chapter pertama jangan bicara dengan Takakura, agar opsi pembelian Seed Maker belum muncul, dan kau bisa mendapatkan Seed Maker gratis dari Darly.

Bulan ketiga :

Mulai lah mendekati gadis yang ingin kau jadikan istri pada chapter 2, di bulan ini, kau juga harus mulai fokus berteman dan sering-sering mengunjungi rumahnya Takakura dan Galen. Orang-orang yang sebaiknya sudah kamu dapatkan hadiahnya di chapter pertama yaitu :

Record dari Marlin, Chris, Rock, Griffin, Carter, Sebastian.

Sabit dari Cody,

Chapter ke dua :

Di sarankan pada chapter ini sebaiknya kamu sudah memiliki :

-          Fishing Rod (hadiah warga)

-          Fertilizer maker (di beli)

-          Food procecing room (di beli)

-          Tartan (hadiah warga)

-          Kucing (hadiah warga)

-          Bebek (beli lah kolam dahulu)

-          Watering Can L (di beli)

-          Weird Sickle (hadiah warga)

-          Milking Room (di beli)

Chapter ke tiga :

Pada chapter ini sebaiknya kamu sudah memiliki :

-          Lahan ketiga (di beli)

-          Watering Can W (hadiah warga)

-          Strange Hoe (hadiah warga)

-          Weird Hoe (hadiah warga)

-          Tumtum (hadiah warga)

-          Musical sheet (hadiah warga)

-          Kalung (hadiah warga)

-          Firework (hadiah warga)

-          Dll

Chapter-chapter selanjutnya :

Sekarang kamu telah memiliki banyak pengalaman bermain, karena itu ini semua telah tergantung pada mu, kamu bebas menentukan ingin melakukan apa, soo...good luck !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalo komentar yang sopan yah
Jangan iklankan link-link berbau dewasa, di larang !
Jangan gunakan bahasa yang tarlalu gahul -_-
Sekian m-,-)m